Sunday, July 11, 2010

FOKUS (Jika ada sesuatu yang paling berharga dalam hidup Anda, itu adalah perhatian Anda)

Sepertinya saya harus membahas kembali materi ini. Hal ini penting untuk saya, dan saya yakin ini pun penting untuk diketahui dan disadari oleh setiap orang.

Secara pribadi sering, bahkan hampir selalu mengabaikan fokus dan kepentingan saya, dan tanpa saya sadari saya hanya berfokus dan memperhatikan kejadian-kejadian negatif dalam hidup saya. Alih-alih bersyukur, saya hanya menjadi seorang yang hobi mengeluh dan berlasan. (itu dulu...)

Saya adalah anak yang terlahir tanpa mendapatkan kasih sayang dari orang tua kandung saya, dibuang bahkan tidak diharapkan kelahirannya, lalu saya diangkat dan dibesarkan oleh keluarga yang dapat dikatakan miskin, dihina, diremehkan karena kemiskinan tersebut. Ayah angkat mengusir saya dan ibu saya dari rumah kami, ayah yang tak lagi mau membiayai hidup saya dan ibu saya, tidak mau membiayai sekolah saya sejak saya kelas II SMP, dan mengatakan; "NGapain si lu sekolah, nyusahin gw aja..!!" Ayah lebih memilih istri muda dengan empat orang anaknya dibandingkan saya dan ibu saya.. dan seterusnya, dan seterusnya...

Ini adalah fokus dan perhatian saya saat itu, bukankah itu merupakan alasan yang cukup bahkan sangat cukup. Namun apakah saya menyerah..?? Jawabannya, TIDAK!!

“Allah tidak akan memberikan beban melebihi kemampuan hambanya.” Ini merupakan janji Allah dalam surat Al-Baqarah. Karena inilah saya merubah focus dan perhatian saya kepada arah yang lebih baik. Ini tentang saya, bagaimana dengan Anda? MAsihkah Anda berfokus dan memperhatikan kekurangan Anda dan senantiasa memperbaikinya? Ataukah berfokus dan meperhatikan kelemehan dan kekurangan orang lain?

Percaya deh..
“KALAU ADA HAL YANG PALING PENTING DALAM HIDUP ANDA, ITU ADALAH PERHATIAN ANDA.”

Percaya tau tidak, ketika Anda mencari-cari kelemahan dan kesalahan orang lain. Anda justru berfokus dan memperhatikan orang tersebut. Meskipun Anda memfokuskan perhatian Anda terhadap orang tersebut pada hal yang negatifnya tidak lantas menjadikannya negative dan menjadi lebih buruk.

Anda hanya akan membuang waktu dan energi Anda. Lebih buruk lagi, karena Anda berfokus pada kelemahan orang lain akan menjadikan Anda lebih buruk dari orang yang Anda perhatikan keburukannya itu. Anda tidak menyadari kelemahan dan kesalahan yang ada pada diri Anda sendiri, karena Anda terlalu sibuk dengan masalah orang lain, memperhatikannya dan mencarai kelemahan serta kesalahannya. Dan yang paling buruk, Anda merasa paling benar dan menganggap semua orang lain salah. Lalu Anda akan mendapat cap +SOMBONG.. Naudzubillah.. Berhati-hatilah.. SemoGa Allah menjaga kita dari hal-hal negative tersebut ya..

Baik, sampai disini dulu ya..

Terimakasih..
Jakarta, 22 Februari 2010
Suyana Smart

No comments:

Post a Comment