Friday, July 9, 2010

JALAN KEBAIKAN (Jalan Tuhan)

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang sebaik-baiknya. (An-Nahl; 15:125)

Pada dasarnya setiap kita (manusia) tidak ingin disakiti dan ingin selalu merasa aman. Atas dasar itulah kita kita harus bersikap dan bertutur kata dengan dalam keseharian kita, baik dalam mengajak kepada 'Jalan Kebaikan" maupun peringatan atas keburukan.

Kenyataan yang ada kita larang maka akan semakin ingin dilakukan bahkan yang dilarang itu dilakukan. Mau bukti?

DILARANG BUANG SAMPAH DISINI!!!

Namun apa yang Anda lihat? saya yakin Anda semua akan menjawab ya sampahlah! Hal tersebut benar adanya karena secara Psikologis setiap kata yang negatif itu dihapuskan dari program otak kita. sepert: Tidak, Jangan, Dialarang, dll. Coba deh buktikan sendiri, atau tanya sama orang yang buang sampah ditempat yang ada tulisannya tadi. Pasti jawabannya begini: "ini aja udah banyak sampah, kalau mau salahin jangan salahin saya, orang lain aja buang sampah disini!!"

Tapi itu sebagian kecil dari ajakan yang negatif. coba sekarang kita ubah kata-katanya menjadi seperti ini:

TERIMAKASIH ANDA TELAH MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

Saya yakin, yang tadinya mau buang sampah disitu pasti masukin kantongnya lagi tuh sampah. He..3x. Malu nih ye..

Kesimpulannya:

Setiap manusia ingin dipuji dan tidak ingin disakiti dan dipersalahkan meskipun itu memang salah. saya yakin Anda semua sependapat dengan ungkapan tersebut. Mari deh kita sama-sama mulai saat ini juga senantiasa bersikap dan berkata santun kepada siapapun, baik dalam keadaan marah sekalipun. karena kebaikan akan dibalas dengan kebaikan.

Sebagai penutup

Ingatlah bahwa Tuhan memberikan kita kebebasan untuk mebrkehendan dan memilih. Tuhan tidak pernah melarang kita untuk melakukan apapun yang kita inginkan, bahkan hal buruk sekalipun. namun Tuhan telah menjanjikan atas apa-apa yang telah kita pilih, yaitu Surga dan Neraka.

Berikanlah yang terbaik dengan cara yang terbaik, maka sebelum kita meminta balasan, kebaikan itu akan datang dari tempat-tempat yang tidak pernah kita sangka.
Percaya deh..

Thank's to Allah.. Thank's to All.. I Love You My God..

Jakarta, 26 Januari 2010
Suyana Smart

No comments:

Post a Comment